Sudah pasang kaca film mahal,tapi kok masih panas ya?? Berikut penjelasanya

Sudah Pasang Kaca Film Terbaik, Koq Masih Panas Ya?

Seringkali konsumen kaca film mobil mempertanyakan kaca film yang sudah terpasang dengan baik tapi tetap saja di dalam mobil masih terasa panas. Padahal  mereka mungkin sudah merogoh kocek sampai  5 juta lebih  untuk membeli kaca film mobil terbaik, seperti merk  V-Kool atau  yang sekelasnya misalnya. Ketika mobil (yang kacanya sudah dilapisi kaca film tersebut) dijemur  sinar matahari, mestinya saat masuk ke  dalam mobil, kondisi di dalam terasa adem.  Tapi  ternyata kenyataannya  tak semanis yang mereka bayangan.

Nah sebagai pemilik mobil, Anda perlu tahu beberapa hal mengapa setelah memasang kaca film mobil (yang paling bagus sekali pun), penolak panasnya tak benar-benar mampu menahan suhu panas masuk  ke dalam mobil. Berikut  beberapa penyebabnya

3 Hal Penyebab Mengapa Interior Mobil Masih Panas Setelah Pasang Kaca Film :

*Warna Mobil

Warna mobil hitam sudah jelas dan tak dapat dipungkiri merupakan warna yang paling menyerap panas, sehingga otomatis akan terasa jauh lebih panas dibanding dengan mobil berwarna terang seperti warna putih yang sedang ngetren  atau  warna silver yang sudah lewat trennya.

**Perbandingan Permukaan Mobil  dengan Permukaan Kaca

Setelah pemasangan kaca film, bagian yang terlindungi dari teriknya sinar UV  dan infra red matahari hanyalah bagian kacanya saja. Saat dijemur di tengah terik siang hari bolong, mungkin hanya sekitar 20-40% saja  yang terlindungi dari total 100% seluruh permukaan mobil. Artinya ada lebih banyak bidang yang tidak terlindungi dibanding  bidang yang terlindungi. Pada bidang yang tidak terlindungi, radiasi sinar matahari akan terus masuk tanpa ada penolakan. Berbeda dengan bidang kaca yang sudah dilapisi kaca film, akan ada sebagian besar radiasi sinar matahari yang dipantulkan  sehingga panasnya tidak masuk seluruhnya ke dalam.

***Hukum Fisika: Perpindahan Energi Panas

Pada saat siang yang terik, mobil akan mengalami 3 macam sumber panas:

1. Radiasi

Efek radiasi elektromagnetik matahari sama seperti yang terjadi di dalam rumah dimana suhu dalam rumah makin lama akan makin memanas. Untuk menghambat efek radiasi ini, diperlukan pemantul radiasi sinar matahari. Yang biasa digunakan di rumah-rumah adalah alumunium foil, sementara pada permukaan kaca mobil menggunakan kaca film dengan penolak panas yang cukup tinggi. Akan tetapi pada permukaan cat mobil yang merupakan bidang paling luas, tidak dilapisi lapisan penolak panas dari radiasi infra merah matahari, sehingga sinar matahari akan leluasa menembus lebih dari 60% permukaan mobil dan perlahan tapi pasti, akan memanaskan suhu dalam kabin mobil. Menurut saya, ini efek yang paling membuat suhu kabin menjadi panas di siang hari. Nyatanya begitu matahari tenggelam, efek panas karena matahari sudah sangat jauh berkurang.

2. Konduksi/Difusi

Konduksi adalah panas yang merambat karena benda yang dipanaskan. Contohnya ketika sendok logam di celupkan pada gelas berisi air panas. Panas dari air akan merambat menghantarkan panas ke ujung sendok. Pada mobil, seluruh permukaannya terbuat dari logam yang merupakan penghantar panas yang baik, maka suhunya akan naik dengan cepat  sehingga akan ada panas yang tembus atau dihantarkan masuk ke kabin mobil. Hal tersebut  tak dapat dihindari kecuali jika antara permukaan mobil dan kabin mobil dibuat vakum atau dilapisi lapisan yang menghambat perantaraan panas karena konduksi.

Kaca mobil yang sudah dilapisi kaca film mobil pun sebetulnya masih menghantarkan panas dari efek konduksi, contohnya ketika siang hari dan terjemur matahari, kaca mobil yang sudah dilapisi  kaca film yang paling bagus sekali pun masih akan terasa  panas jika dipegang dari dalam mobil. Itu artinya masih ada panas yang merambat dan masuk ke dalam mobil karena efek konduksi.

3. Konveksi

Konveksi adalah udara panas yang bergerak dari suhu lebih tinggi ke suhu yang lebih rendah pada akhirnya suhunya akan sama dan stabil atau mencapai equilibrium. Contohnya adalah oven atau panggangan roti yang mana cara kerjanya adalah elemen panas yang ditiup oleh kipas mengakibatkan hawa panas terus berputar memanaskan seluruh adonan rotinya. Begitu juga pada kabin mobil, pada suatu siang yang terik dan hawanya panas, hawa panas ini akan berusaha masuk ke kabin mobil yang suhunya lebih rendah dengan suhu di luarnya, sehingga suhu dalam kabin pun ikut naik. Contohnya adalah jika AC tiba-tiba dimatikan, suhu dalam kabin yang tadinya dingin pun akan dengan cepat naik mengikuti suhu udara di luar dan ditambah dengan efek konduksi dan radiasi. Tak heran jika suhu dalam kabin dapat jauh melebihi suhu udara di luar.

Pemaparan di atas semoga dapat membantu Anda faham  bahwa  memasang kaca film bukanlah ‘obat’ instan untuk mengatasi panas di dalam kabin mobil. Memasang kaca film yang bagus  sekali pun memang bukan jaminan mendapatkan suhu kabin mobil yang adem setelah dijemur di bawah terik matahari. Tapi setidaknya sudah memantulkan sebagian efek panas yang ditimbulkan radiasi sinar matahari, sehingga terik matahari tidak langsung terasa sangat panas dibanding dengan tanpa menggunakan lapisan kaca film yang baik.

Jadi Apa Dong Manfaat Utama Pasang Kaca Film Mobil?

Manfaat utamanya adalah  jika menggunakan kaca film, saat AC dihidupkan, akan lebih cepat mendinginkan suhu di dalam kabin dibanding tanpa menggunakan kaca film sama sekali. Selain itu juga kaca film yang berkualitas, yang  memiliki standar penolak UV hingga 99%. Artinya kita yang duduk di depan tidak akan “gosong” tangannya seperti setelah  berjemur di pantai, dan bagi perempuan tak perlu  khawatir tangannya jadi hitam dan belang.

Selanjutnya tinggal memilih brand, warna, angka tingkat kegelapan, angka tingkat penolak panas dan mungkin teknologi kaca filmnya untuk disesuaikan dengan mobil dan budget Anda. Yang pasti semakin banyak pemain kaca film di pasaran, semakin banyak pulalah pilihan bagi kita sebagai end user. Kalau saya pribadi, saya  akan pilih yang bukan merk paling terkenal dengan harganya yang selangit, tapi pilih yang best value for money. Bisa tetap nyaman tanpa perlu merogoh dompet terlalu dalam.

Solusinya kami punya kaca film tolak panas bagus dengan harga promo dibawah 2jutaan dan bergaransi 7 tahun.
Info lebih jelasnya bisa hubungi kontak dibawah ini:

Tlp,sms,wa 081380892243
Tlp,sms 087878277438

Tags   #kaca film bekasi     #kaca film nexgard    #kaca film 3m     #kaca film sparta    #kaca film panggilan    #kaca film rumah     #kaca film gedung     #kaca film mobil      #kaca film rawalumbu    #kaca film bantar gebang    #kaca film pekayon     # kaca film murah 








Komentar

Kaca film bekasi

PROMO HEBOH KACA FILM NEXGARD GARANSI 7 TAHUN

PERBEDAAN KACA FILM 3M ASLI DAN PALSU

PROMO AWAL TAHUN KACA FILM MOBIL BERKAH JAYA FILM BEKASI

DEALER RESMI KACA FILM BEKASI

PROMO KACA FILM 3M AUTO FILM ORIGINAL GARANSI 5TH

Specialist pasang kaca film bekasi

AKIBAT DARI KACA FILM MOBIL YANG TRANSPARAN

Pasang kaca film bekasi

Panduan sederhana memilih merk kaca film mobil